Wednesday, May 28, 2008

TIGA MODAL DASAR MEMULAI BISNIS

Saat ini pemikiran kita untuk memulai bisnis yang pertama dipikirkan yaitu:
wah g ada uang gimana mau buat usaha??
Padahal uang bukan lah peranan penting menentukan terbentuknya bisnis, dari yang saya pelajari justru yang perlu kita tanamkan dalam diri yaitu:
[1] Keberanian memulai bisnis
- keberanian akan gagal dan sukses
- keberanian untuk bermimpi,
- keberanian untuk bertindak,
Setidaknya walaupun kita punya uang tapi g berani untuk memulai bisnis dan keberanian untuk sukses dan gagal percuma saja.
[2] Keyakinan atas kesuksesan
Selain keberanian, kita juga perlu memiliki keyakinan sukses. Keyakinan ini hanya bisa kita dapatkan jika kita memiliki mimpi sukses yang jelas. Semakin jelas gambaran kita mengenai mimpi kita, semakin tinggi derajat keyakinan kita untuk sukses. Dengan gambaran yang jelas, akan lebih mudah bagi kita untuk mempersiapkan semua yang diperlukan ataupun dipersyaratkan bagi terwujudnya mimpi tersebut. Sehingga keyakinan ini membuat pemikiran positif bagi usaha kita dan animo sukses.
[3] Ketekunan.
Membangun sebuah bisnis memang tidak mudah. Upaya ini memerlukan perjuangan yang tekun sebelum sukses dapat diwujudkan. Orang yang sukses adalah orang yang tidak menyerah sebelum sukses itu dapat diraih. Mungkin saja ia harus mengalami banyak kegagalan, tetapi ia bangkit kembali dan memiliki keuletan untuk mencoba lagi.
Nah jika kita memiliki berani, yakin dan tekun maka barulah kita mencari bagaimana mendapatkan biaya untuk usaha kita. Jika punya modal sendiri sih, asik2 aja.. tapi kalo kita g punya modal alias modal dengkul yang pastinya kita harus berusaha mengumpulkan modal dari kecil.. ya usaha kecil-kecilan misalnya jasa translate, pedagang perantara, dll. atau minjam uang.

0 komentar: