Wednesday, March 31, 2010

Cooperative Academic Education

Ketika membaca pengumuman dibukanya pendaftaran Cooperative Academic Education (http://www.telkom.co.id/telkom-peduli/co-op/), saya teringat kembali akan masa-masa co-op. Masa-masa ketika saya tergabung dalam program ini selama 3 bulan bekerja yang ditempatkan di PT.Telkomsel branch Tangerang yang berlokasi ketika itu di BSD Serpong.
Penempatan di PT.Telkomsel branch tangerang ini, bersamaan dengan sdr.Tegar. Pengalaman co-op ini sangat berharga dan tidak terlupakan.. jika saya ceritakan wah bisa jadi buku pribadi.he3x. Pengalaman ketika dimulai dari awal seleksi di Lampung, ke graha telkom jakarta bertemu dengan ibu Irma yang banyak membantu dan motivasi saya untuk tergabung dalam co-op, ke wisma telkom bertemu dengan Pak endin dan rekan-rekan co-op dari daerah lain, bertemu dengan Pak Gede Manager Branch Tangerang, sampai perjalanan hidup selama 3 bulan saya sebagai anak kost. Ha3x.

Di co-op sendiri, ketika itu saya dipercayakan sebagai SOO (sales outlet and operation) telkomsel Branch Tangerang. Wah awalnya perjuangan sulit untuk bisa secara cepat dituntut belajar dan beradaptasi terhadap lingkungan kerja dan sayaergabung dalam team dengan Pak Ako dan Pak Iqbal, serta Pak Heri sebagai supervisor saya. Ketika itu saya dapat belajar banyak mengenai Telkomsel, khususnya ruang lingkup dari SOO: tentang branding, canvasing, community shares (outlet population), branding value to revenue streams, canvasing scope of sweeping area (dealer partnership), and maintance strategy and strategi-strateginya yang data2nya selalu diinput dalam OMS. Kerjanya lebih banyak di lapangan terutama ngurusin branding dan ROC. Hm.. walau panas, medan yang jauh, kemacetan,dll juga menjadi bagian dari pengalaman saya. Apalagi ketika branding dan stickering, gk terlupa deh. Seru banget semua tantangan-tantangan itu, dan kini hanyalah sebagai kenangan saja yang menjadi bagian dari hidupku bersama laporan co-op dan sertifikat yang selalu saya simpan sebagai bukti hidupku. Terima kasih co-op.

2 komentar:

ngupingers said...

bagus2 keren dehhh

Unknown said...

salam kenal.. aq ayu, peserta coop Telkom 00 (bandung) 2010.

boleh ga aq minta contoh laporan akhir coop? presentasi akhir telkom 00 tanggal 19 ini n aq blom bikin laporannya sama skali.. thx